Spot-Spot Wisata Bromo Keren yang Wajib Dikunjungi

Bromo

Gunung Bromo  merupakan wisata andalan di Jawa Timur. Namanya menarik banyak turis, termasuk yang berasal dari luar negeri. Tentu saja, keindahan sang surya terbit bukan satu-satunya pesona dari Bromo. Kamu bisa melakukan banyak hal dan mengunjungi sebagian alternatif liburan di Bromo berikut ini.

1. Penanjakan 1

Bromo dari Penanjakan 1
Bromo dari Penanjakan 1 via pesona bromo travel

Letaknya yang tinggi menjadi daerah terbaik untuk memandang  sang surya terbit. Letaknya berada di sebelah barat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Akses menuju ke sini bisa dengan kendaraan jeep dan sepeda motor. Hindari mengendarai motor tipe matic sebab medannya penuh tantangan. Dari sini kamu bisa merasakan beberapa puncak gunung yang dikelilingi lembah-lembah berkabut. Begitumenawan dan memanjakan mata.

2. Bukit Penanjakan 2

Bromo dari Penanjakan 2
Bromo dari Penanjakan 2 via Paket Wisata Bromo

Gunung Penanjakan dua dapat menjadi alternatif lain untuk memandang sang surya terbit. Titik ini lebih  gampang  diakses kalau kamu berangkat melalui Probolinggo. Memang Gunung Penanjakan Dua ketinggian lebih rendah dari Penanjakan Satu, namun pesona sunrise dari sini juga tak kalah keren. Aksesnya mala lebih gampang  dan dapat dicapai tanpa memakai jeep.

3. Pasir Berbisik yang Mempesona

Pasir Berbisik
Pasir Berbisik via Instagram/@liem479

Lautan pasir ini berada di sebelah timur Bromo dengan area luas. Di sini pengunjung  dapat mengerjakan aktivitas mengasyikkan seperti berkuda atau mengendarai motor. Nama tenarnya yaitu Pasir Berbisik yang berasal dari seorang sutradara bernama Garin Nugroho. Angin yang menggerakkan butiran pasir memang menghasilkan sebuah nyanyian alam begitu menawan

4. Menyusuri Kawah Bromo

Tangga Menuju Kawah Bromo
Tangga Menuju Kawah Bromo via Instagram/@ngetripbromo

Titik ini menawarkan pengalaman memandang  kawah gunung berapi dari dekat. Untuk menuju ke sini kamu mesti berjalan sekitar 2 km dari parkiran mobil. Belum lagi masih ada tangga yang mesti kamu  taklukkan. jika kamu merasa tak kuat atau malas berjalan, dapat memilih menunggang kuda sambil merasakan tiupan udara sejuk.

5. Bukit Kingkong

Bukit Kingkong
Bukit Kingkong via Instagram/@onezliano

Bukit Kingkong merupakan alternatif untuk melihat sunrise. Jaraknya sekitar 2,5 kilometer dari Penajakan Satu. Kamu bisa datang ke sini jika area Penanjakan Satu sangat penuh dan sesak. Keindahan yang ditawarkan tentu tidak kalah. Kabarnya, sebutan tersebut berasal dari bentuknya yang mirip kepala kingkong.

6. Bukit Cinta

Bukit Cinta
Bukit Cinta via Instagram/@hendriikirawans

Nama lainnya adalah Love Hills, destinasi yang berdampingan dengan Bukit Kingkong. Tempat ini juga bisa didatangi untuk melihat matahari terbit yang membuat langit menjadi cantik. Akses menuju ke sini pun mudah. Jika kamu tidak tahu jalan, bisa bertanya pada penduduk setempat atau menyewa mobil jeep untuk mengantarkanmu.

7. Desa Ngadas

Desa Ngadas
Desa Ngadas via Instagram/@damianusandrian

Desa Ngadas masuk dalam wilayah kecamatan Poncokusumo dan menjadi pemukiman Suku Tengger. Adat istiadat khas Tengger masih terpelihara hingga saat ini. Kamu bisa berbaur dan melihat bagaimana masyarakat setempat menjalani hidup. Sudah menjadi tradisi orang Tengger untuk menerima tamu dari dapur. Di waktu tertentu kamu bisa menonton atraksi kuda lumping, bentengan, hingga kuda kencak.

8. Desa Ngadisari

Desa Ngadisari
Desa Ngadisari via Instagram/@amelstc33

Desa Ngadisari berada di wilayah Kabupaten Probolinggo. Hingga sekarang terus dikembangkan menjadi desa wisata yang menakjubkan. Sama halnya seperti Ngadas, Suku Tengger juga mendiami tempat ini. Selain berinteraksi dengan warga setempat, kamu pun bisa menikmati alam berupa perkebunan dan bukit-bukit di kejauhan. Fasilitas berupa tempat menginap dan warung makan juga banyak.

9. Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten
Pura Luhur Poten via Instagram/@ronnieprt

Sebagian penduduk di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memeluk agama Hindu dengan tempat ibadah yang bernama Poten. Lokasi Pura Luhur Poten berada di area lautan pasir. Pada perayaan hari-hari besar, tempat ini akan ramai dan menjadi pusat segala macam ritual. Salah satunya adalah upacara Kasada.

10. Bukit Teletubis Bromo

Bukit Teletubis Bromo

Sama seperti Penanjakan, nama Bukit Teletubis sudah terkenal. Hampir semua jasa perjalanan memasukkan tempat ini sebagai destinasi wajub untuk memanjakan para tamu. Sesuai namanya, ada bukit yang berselimut rerumputan hijau. Dari kejauhan bahkan seperti karpet. Di sini pengunjung bisa puas foto-foto.

Itulah sepuluh tempat wisata di area Gunung Bromo dengan keindahan yang mengagumkan. Datanglah bersama kesayangan dan rasakan bagimana ramahnya alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.