Liburan Wisata Bromo yang Mendebarkan

Bromo yang Mendebarkan

Musim liburan atau bukan, paket wisata ke Bromo tetap menjadi bisnis andalan para pengelola travel agency. Paket wisata yang dikemas untuk membantu para wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasannya.  Paket wisata juga membantu mereka yang ingin menikmati wisata alam tanpa direpotkan oleh tetek bengek lain. Seperti  mengurus penginapan, makanan dan sarana  transportasi.

Keuntungan Memanfaatkan Paket Wisata

Sangat disayangkan bagi kita yang bermukim di Indonesia namun belum pernah mengunjungi wisata Gunung di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Probolinggo atau Pasuruan. Gunung Bromo memang perbatasan antara empat kabupaten di Jawa Timur yakni Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang. Sehingga perjalanan untuk sampai ke wisata ini dapat melalui beberapa jalur. Jalan yang termudah adalah lewat rute Kabupaten Probolinggo.

Perjalanannya memang terkesan sulit bagi sebagian orang yang belum mempunyai pengalaman ke sana. Rute ke wilayah adalah jalanan yang penuh dengan tanjakan dan belokan. Setelah sampai di kawasan, seorang wisatawan harus menuruni pinggiran bukit dan setelahnya menyusuri padang pasir yang cukup melelahkan. Apalagi bila mengendarai kendaraan pribadi di lautan pasir akan dapat menghambat perjalanan menuju kawah, dikarenakan sudah banyak kejadian mobil pribadi yang masuk ke endapan pasir yang lembut.

Memanfaatkan paket wisata ke Gunung Bromo dapat menjadi solusi atas segala rintangan yang akan ditemui saat perjalanan. Sehingga liburan akan terasa lebih gampang dan menyenangkan. Cobalah untuk mencari tahu apakah ada perusahaan tour dan travel di kota yang menawarkan paket wisata. Bila ada yang menyediakan paket liburan ini, maka jangan ragu-ragu untuk membelinya. Dan akan terasa lebih mengasyikkan bila rekreasi kita ke gunung ini disertai seluruh anggota keluarga, kerabat atau teman-teman kerja.

Taman Nasional Bromo 

Bromo merupakan sebuah gunung yang berada di provinsi  Jawa Timur. Paket wisata ini tepatnya bertujuan mengunjungi areal Taman Nasional Bromo yang  terletak di sebelah timur  kota Malang. Keindahan panorama alamnya membuat banyak wisatawan berdatangan ke kawasan ini. Baik wisatawan lokal maupun dari mancanegara.

1. Sunset dan Sunrise

Dikenal memiliki banyak keunikan. Selain salah satunya adalah lautan pasir dengan luas 5.250 hektar dengan ketinggian lebih kurang 2.100 meter dari permukaan laut. Lautan pasir ini kononnya terbentuk karena pasir hasil letusan atau kawah gunung yang mengepul sehinga pasir hasil letusan tersebut terkumpul dan sekarang menjadi lautan pasir yang unik. Sangat jarang kita temui lautan pasir di Indonesia kecuali di daerah pantai, untuk daerah dataran tinggi mungkin hanya yang memilikinya.

Terdapat sunset yang menawan di puncak Pananjakan. Serta  menikmati sunrise keesokan paginya sungguh merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Banyak sekali wisatawan yang naik ke puncak Pananjakan sebelum sunset tiba, umumnya bagi mereka yang ikut paket wisata sudah disiapkan jadwal keberangkatan ke Pananjakan sebelum adzan shubuh.

Jangan lupakan berbagai peralatan sebelum keberangkatan ke Pananjakan. Siapkan perlengkapan pakaian seperti jaket tebal, penutup kepala, telinga dan bila ada untuk menutup hidung. Sebab udara akan terasa sangat dingin waktu malam hari menjelang pagi. Siapkan juga kamera foto atau video agar dapat merekam dan mengabadikan momen indah sunset. Berharap saja cuaca pada hari itu tidak terlalu berawan atau hujan, karena dengan kondisi tersebut akan menyebabkan keindahan sunset berkurang dibandingkan dengan cuaca yang cerah.

2. Suku Tengger

Kehidupan dan budaya suku Tengger juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Suku Tengger bermukim di sekitar Taman Nasional. Mereka merupakan penduduk asli yang menganut agama Hindu. Alkisah nenek moyang suku Tengger berasal dari kerajaan majapahit yang kemudian mengasingkan diri di daerah tersebut.

Pada saat upacara keagamaan suku Tengger diadakan yaitu upacara Kasodo, banyak wisatawan yang datang ingin melihat secara langsung acara ritual keagamaan suku Tengger tersebut. Upacara Kasodo ini diadakan setiap tahun pada saat bulan purnama. Yang biasanya diadakan pada bulan Desember hingga Januari.

Kiat-Kiat Liburan

Bila Anda ingin berkunjung, ada dua alternatif yang bisa Anda pilih. Pertama adalah dengan datang via transportasi udara menuju kota Surabaya lalu melanjutkan perjalanan dengan melalui  jalan darat.Tetapi bila tak ingin direpotkan dengan akomodasi transportasi dan hal lainnya,  Anda sebaiknya memanfaatkan paket wisata yang biasanya banyak disediakan oleh para travel agent.

Harga yang ditawarkan rata-rata bervariasi tergantung servis yang diberikan dan jumlah peserta. Misalnya ada yang menawarkan sistem paket seperti paket per dua hingga tiga orang seharga 1,5 jutaan. Ada juga paket 4-9 orang senilai dua jutaan rupiah. Malah paket per sepuluh orang bisa lebih murah yaitu dibawah satu jutaan.

Biasanya paket yang disediakan ini sudah termasuk transportasi pp, penginapan, tiket masuk ke dalam kawasan obyek wisata, serta penyediaan tenda dan peralatan tidur. Juga bonus tambahan seperti sarapan dan makan malam, juga menyediakan jasa pembawa barang alias porter dan kendaraan  berupa jeep untuk melewati lautan pasir menuju ke puncak Bromo untuk melihat sunrise. Sementara Anda hanya tinggal membawa backpack perisi pakaian dan keperluan Anda sendiri seperti sun glass, obat-obatan, senter, kamera dan pakaian anda tentunya.

Tips Berwisata dengan Travel Agent

Berikut ini beberapa tips untuk berwisata menggunakan paket wisata :

1. Siapkan fisik dan pikiran

Bagi seseorang yang tinggal di luar propinsi Jawa Timur tentu perjalanan merupakan kegiatan yang akan menguras tenaga dan emosi. Selain waktu tempuh yang lumayan jauh, rute yang sedikit meliuk-liuk akan dapat membuat sebagian orang pusing bahkan mabuk di tengah perjalanan.

Upayakan pikiran fresh dari segala beban dan tanggung jawab kerjaan. Liburan dengan pikiran yang galau juga tidak akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Lebih parah lagi, mood Anda berimbas pada anggota wisata lainnya yang ikut dalam rombongan travel. Kuatkan diri untuk berlibur dan bersantai, akan lebih baik bila semua tugas atau pekerjaan sudah terselesaikan sebelum keberangkatan. Sehingga tidak ada pikiran lagi tentang berbagai hal tersebut saat menginjakkan kaki di Gunung Probolinggo ini.

2. Bawalah seluruh perlengkapan yang dibutuhkan dalam wisata ke gunung

Berwisata ke gunung tentu saja berbeda dengan berlibur ke pantai atau tempat rekreasi di tengah-tengah kota. Perjalanan mendaki gunung memerlukan perlengkapan pakaian seperti jaket yang tebal, masker, penutup kepala, sepatu pendakian, tas ransel untuk cadangan makanan dan lain sebagainya. Bila satu saja perlengkapan tidak terpenuhi akan mengakibatkan kerugian atau ketidaknyamanan saat pendakian ke Puncak Pananjakan atau Kawah di tengah lautan pasir.

3. Usahakan dalam rombongan adalah orang-orang yang dikenal

Berlibur tentu akan lebih berkesan bila dilewati dengan orang-orang yang akrab dengan diri kita, akan lebih romantis bila mengajak pasangan hidup. Maka setelah mendatangi travel agent yang menawarkan paket wisata, ajukanlah tawaran travel tersebut kepada anggota keluarga di rumah, tetangga rumah, atau rekan kerja di kantor. Niscaya bila harga terjangkau akan mendorong mereka menerima paket wisata itu tanpa ragu-ragu.

Sampai di sini ulasan tentang wisata menggunakan paket travel. Lebih mudah dan menyenangkan dengan mengajak orang-orang yang dicinta. So, tunggu apalagi. Yuk ikut paket wisata ke Bromo!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.