Letak Gunung Bromo Dimana?

Anda masih bingung saat hendak berlibur ke Gunung Bromo karena tidak tahu letaknya Gunung Bromo? Jangan khawatir, berikut ini adalah deskripsi lengkap mengenai letak Gunung Bromo yang lengkap dengan perjalanan alternatif kendaraan yang ada di rute perjalanan tersebut.

Terletak Di Perbatasan 4 Kabupaten

Salah satu yang unik dari letak Gunung Bromo adalah, terdapat di perbatasan 4 kabupaten di Jawa Timur. Yakni, kabupaten Malang, kabupaten Pasuruan, kabupaten Probolinggo, dan terakhir adalah kabupaten Lumajang. Namun, jalur terbaik bagi wisatawan yang berdomisili di luar dari ke empat kota perbatasan di atas adalah jalur yang melalui kota Probolinggo. Selain transportasi umum yang telah tersedia lengkap dan paling aman untuk dilalui karena melalui jalur yang ramai.

Kawasan Taman Nasional

Selain tujuan wisata utama gunung Bromo, yang terletak di tengah kaldera atau lautan pasir, terdapat juga sebuah hutan yang masuk ke wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Banyak spesies yang terdapat flora dan fauna dilindungi dalam taman nasional tersebut.

Flora yang dilindungi diantaranya adalah bunga abadi Edelweis, anggrek gunung, dan juga rumput gunung yang langka. Beberapa jenis cemara pun banyak terdapat di lokasi gunung Bromo. Sementara itu, fauna yang ada di sana antara lain berbagai jenis burung, monyet ekor panjang, macan tutul, serta ayam hutan merah dan berbagai jenis reptil.

Perjalanan Rute dari Surabaya

Anda yang berasal dari arah barat Indonesia, untuk mencapai letak gunung Bromo yang paling mudah adalah melewati jalur yang melalui kota Surabaya, lalu menuju ke Pasuruan dan berakhir di terminal Probolinggo.

Di Surabaya, Anda harus menuju ke terminal terbesar di kawasan Indonesia yang letaknya di pinggir Surabaya, yaitu Terminal Purabaya. Orang Surabaya lebih senang menyebut terminal tersebut dengan terminal Bungurasih. Pilih bus yang menuju ke arah Probolinggo. Lalu, dalam waktu 3 – 3,5 jam, Anda telah sampai di terminal Probolinggo, pilih kolt besar yang khusus mengarah ke desa terdekat di kawasan Bromo.

Sewa Mobil Untuk Melakukan Perjalanan

Sesampai ke desa tersebut, Anda harus menyewa mobil serupa Hardtop untuk menuju ke lokasi gunung Bromo. Ini yang biayanya agak sedikit mahal. Dihari biasa, tarifnya sekitar Rp. 300,000,- sampai Rp.350,000,- . Tapi di hari libur, tarif biasanya melonjak dua kali lipatnya.

Nah, Mudah bukan menuju ke lokasi gunung Bromo? Silahkan bersiap menuju ke lokasi wisata eksotik tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.