Gunung Argopuro, Terhimpit di Antara Bromo dan Ijen

Gunung Argopuro, Tidak banyak kenal dengan gunung tersebut. Memiliki makna Argo yang berarti Gunung dan Puro yang berarti Pura. Gunung yang lebih puncak yang ada di pulau Jawa yang memiliki ketinggian di atas 3000 meter di atas permukaan laut tersebut tidaklah terlalu terkenal.

Letaknya yang tidak berjauhan dengan gunung Bromo dan Sumeru dan daratan pegunungan Ijen yang berada di sebelah timur. Gunung yang seolah-olah tenggelam dalam keindahan tempat tersebut. Padahal dengan melihat tempat dan keadaannya, gunung Argopuro memiliki keunikan tersendiri.

Gunung Argopuro terletak kabupaten Situbondo dan beberapa kabupaten lainnya. Dengan ketinggian yang mencapai 3088 m di atas permukaan laut.

Keindahan Tanpa Sentuhan Modern

Keindahan alamnya yang masih belum banyak mengalami sentuhan dunia modern ditambah lagi dengan hutan yang hampir selalu basah serta sisa-sisa reruntuhan candi peninggalan zaman Majapahit. Membuat perjalanan menyelusuri alam Argopuro ini semakin menantang walaupun akan sangat melelahkan. Hiking bisa dimulai denganĀ  rute Probolinggo-Jember-Bondowoso dan kembali ke Probolinggo, yang akan menempuh jarak sejauh lebih kurang 230 km.

Argopuro sebenarnya merupakan rute hiking terpanjang di pulau Jawa, sekitar 40 km, tapi kepopulerannya terjepit diantara keindahan mentari terbit gunung Bromo dan keunikan sekaligus kegetiran kehidupan para penambang belerang di dataran pegunungan Ijen.

Gunung yang Berhimpit

Gunung yang terletak di beberapa kabupaten di Jawa Timur, yaitu, kabupaten Situbondo, kabupaten Probolinggo, Kabupaten Jember, dan kabupaten Bondowoso. Puncak tertinggi yang ada di gunung ini adalah puncak Minak Jinggo.

Argopuro sebenarnya merupakan rute hiking terpanjang di pulau Jawa, sekitar 40 km (tergantung dari rute yang diambil), tapi kepopulerannya terjepit diantara keindahan mentari terbit gunung Bromo dan keunikan sekaligus kegetiran kehidupan para penambang belerang di dataran pegunungan Ijen

Karena beratnya medan hiking ke gunung, sepertinya membawa serta anak-anak dalam petualangan ini bukanlah hal yang bijaksana. Perbekalan yang cukup terutama air mineral sangatlah dibutuhkan. Bila ingin menginap di hotel, jangan berharap menemukan hotel berbintang di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.